APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN KECERDASAN BUATAN

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN KECERDASAN BUATAN

Pada postingan saya kali  ini saya akan memberikan sebuah artikel yang baru lagi yang saya ambil dari sumber yang terpercaya dengan judul “APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN KECERDASAN BUATAN ?? Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran computer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus diberi bekal pengetahuan, dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu pada Artificial intelligence, akan mencoba untuk memberikan beberapa metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin yang pintar.

Lebih detailnya, pengertian kecerdasan buatan dapat dipandang dari berbagai sudut pandang, antara lain:
1. Sudut pandang kecerdasan.
Kecerdasan Buatan akan membuat mesin menjadi „cerdas‟ (mampu berbuat seperti apa yang dilakukan oleh manusia).
2. Sudut pandang penelitian
Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia.

kECERDASAN BUATAN DAN KECERDASAN ALAMI

Jika dibandingkan dengan kecerdasan alami (kecerdasan yang dimiliki oleh manusia), kecerdasan buatan memiliki beberapa keuntungan secara komersial antara lain [20]:
a. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang system computer & program tidak mengubahnya.
b. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama; dan juga suatu keahlian itu tidak akan pernah dapat diduplikasi dengan lengkap. Oleh karena itu, jika pengetahuan terletak pada suatu system computer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari computer tersebut dan dapat dipindahkan dengan mudah ke computer yang lain.

c. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecedasan alami. Menyediakan layanan computer akan lebih mudah dan lebih mudah dibandingkan dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
d. Kecerdasan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan bautan adalah bagian dari teknologi computer, sedangkan kecerdasan alami akan senantiasa berubah – ubah.
e. Kecerdasan buatan dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari system tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
f. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami.
g. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.

Sedangkan keuntungan dari kecerdasan alami adalah :

a. Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui system yang dibangun.
b. Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik.
c. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.

About these ads

2 Tanggapan

  1. Artificial intelligence setau saya berkaitan erat dengan pembuatan robot ya, gan? Untuk di kampus2 lokal bsiakah diadakan lebih banyak lagi workshop2 pembuatan robot? dulu di kampu saya pernah ada, hanya masalah pendanaan, dsb.. sepertinya pemerintah belum bisa mengalokasikan dana untuk membantu para mahasiswa belajar ttg ilmu ini ya. semoga kedepan bisa lebih baik. tq infonya.. :)

  2. mau tanya dong? apa yg dimaksud dgn refrentasi dan manipulasi symbol dalam kecerdasan buatam…? mohon dijawab ya…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: