BERITA NASIONAL

Bangun Huntara Mentawai Butuh Rp 15 M

Pembangunan Rumah Hunian Sementara (Huntara) bagi korban tsunami di Kabupaten Kepuluan Mentawai, Sumatera Barat,  membutuhkan dana sebesar Rp 15,2 miliar.

“Untuk membangun rumah Huntara kami membutuhkan dana Rp 15,2 Milyar,” kata Kepala BNPB Syamsul Ma’arif ketika kunjungan ke Sumbar, Jumat (17/12/2010).

Menurutnya, dana yang sudah terkumpul saat ini sebesar Rp 12,58 miliar lebih. “Sisa dana sekitar Rp 3 miliar lebih untuk pembangunan Huntara akan dibantu oleh pihak BNPB,” katanya.

Masa tanggap darurat dibutuhkan untuk masa penyaluran bantuan. Saat ini Pemkab Mentawai kesulitan menyediakan anggaran, karena APBD 2011 belum ditetapkan.

“Sampai saat ini, masyarakat di Mentawai belum bisa menggerakkan perekonomian karena masih trauma, sementara mereka membutuhkan transportasi dan makanan,” kata Syamsul.

Dia menambahkan, khusus untuk pembangunan Huntara di Kabupaten Kepuluan Mentawai tidak akan siap menjelang natal. “Saat ini dilakukan penebangan kayu dibantu oleh masyarakat setelah keluarnya izin dari Kementerian Kehutanan,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Prasarana Jalan, Dodi Ruswandi, mengatakan, sebanyak 200 unit dari 728 unit rumah hunian sementara telah selesai dibangun bagi korban bencana tsunami.

Untuk rangka Huntara telah selesai dibangun sebanyak 77 buah, yang dibuat dari Padang, setelah itu dikirim ke Mentawai.

Menurutnya, untuk tahap awal akan dibangun 278 unit Huntara di daerah Pagai Utara. “Masyarakat Kabupaten Kepuluan Mentawai berada di pinggir pantai ingin pindah, maka ada penambahan lagi sebanyak 450 unit Huntara,” katanya.

Dia menambahkan, jika Huntara dibangun sebanyak 278 unit, pengerjaan pasti selesai menjelang perayaan Natal. “Namun karena ada penambahan tersebut, pembangunan Huntara di perkirakan selesai akhir Desember 2010.

SUMBER BERITA KOMPAS.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: