BELAJAR MANDIRI DARI BLOG

BELAJAR MANDIRI DARI BLOG

Belajar Mandiri adalah belajar sendiri, tentu cara pembelajaran mandiri seperti ini jauh lebih efektif ketimbang hanya mengharapkan pembelajaran dari sekolah atau dari kampus. Belajar mandiri perlu dilatih dari diri kita karena apabila kita sudah terbiasa belajar mandiri tmaka kita akan lebih cepat bisa melakukan segala sesuatu tanpa meminta bantuan dari orang lain. Saya pribadi pun merasakan manfaat dari belajar mandiri itu.

Siapa sih yang tidak ingin menjadi manusia hebat? Hanya orang bodoh dan tidak memiliki harapan hidup yang tidak mau menjadi manusia, sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Dengan belajarlah, kita bisa mendapatkan titik-titik pengetahuan yang nantinya bisa dihubungkan atau bisa terhubung sendiri, sesuai dengan fungsi dan maksudnya masing-masing.

gambarnya iseng-iseng aja haha

Belajar Mandiri, dimensinya sangat luas. Salah satu dimensi itu, saya menemukan prosesnya di blog. Walau masih ada perbedaan pandangan antara orang yang menekuni dunia blogging dengan yang tidak menggubris keberadaan blog. Mungkin karena tidak merasa mendapatkan manfaat. Hal ini hanya karena proses pembuktian saja.

Banyak sekali hal yang bisa dijadikan pembelajaran dari blog. Dari menulis dan membaca, serta proses didalamnya saja sudah sangat bagus untuk membangun struktur kemandirian kita dalam menyerap nilai edukasi didalamnya.

Mulai dari pencarian data, penyerapan informasi, sampai dengan ketekunan dan kedewasaan mental dalam bersikap.

Dari situ saja, kita sudah memetakan begitu banyak manfaat.

Ngeblog adalah aktifitas mandiri yang bebas dan bertanggung jawab. Apapun yang terjadi didalamnya. Apakah respon positif, negative bahkan pergesekan yang membuahkan konflik sekalipun, akan menjadi pejaran berharga untuk membangun kepribadian yang lebih introspektif.

Jika saja pemerintah mau mengalokasikan dana untuk akses internet gratis, perangkat komputer dan hal lain yang mendukung masyarakat Indonesia secara massif mulai ngeblog. Saya yakin ini bisa menjadi pintu pendobrak kebodohan secara signifikan.

Tapi bisa juga ini menjadi kejadian yang aneh. Bagaimana kalau tiba-tiba polisi cepek, berlari bergegas meninggalkan lahannya yang sedang ramai riuh di tengah kemacetan dan langsung menuju ke ruang komputer. Dan saat ada yang bertanya, dia hanya menjawab “ngebet mau posting!”.

Tapi bener kok sahabatku, saya merasakan banyak sekali peluang untuk “belajar mandiri” hanya dari kesenangan ngeblog.

Paling sederhana nih, anda mengakses internet, tidak lagi tanpa arah.

Misalnya:

Mau mencari info apa hari ini?

Mau berbagi info apa hari ini

atau mau cari ide bisnis apa hari ini dan setersunya…, (panjang kalau di certain semuanya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: