APAKAH MANFAAT UTAMA AIR UNTUK TUBUH MANUSIA

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua para penikmat dunia maya dimana pun anda berada pada saat ini yang kebetulan sedang membaca postingan saya pagi ini tentang manfaat utama air untuk tubuh manusia. Air merupakan kebutuhan dari kehidupan manusia karena tanpa air manusia tidak mungkin dapat hidup karena air merupakan penunjang dari pada kehidupan manusia.

Tubuh manusia terdiri atas sekitar 80% air. Kandungan air pada otak mencapai sekitar 80%, sedangkan kandungan air pada darah sekitar 90%. Umumnya air yang didapatkan tubuh berasal dari minuman dan makanan. Secara normal, rata-rata konsumsi air yang diperlukan adalah sekitar 2 liter per hari, atau setara dengan 8-10 gelas per hari.

Air yang berada di dalam tubuh berguna untuk “mengedarkan” oksigen, sari pati makanan, dan zat berguna lainnya ke seluruh tubuh. Selain tugas tersebut, juga berguna untuk “menarik” semua zat berbahaya atau zat yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh untuk dibuang. Oleh karenanya, bila tubuh kekurangan air maka darah akan semakin kental. Pengentalan darah akan dapat memicu terjadinya berbagai penyakit seperti stroke, gagal ginjal atau bahkan kanker usus besar.

Air juga dapat berguna untuk mengatur/mendinginkan suhu tubuh. Ketika berolah raga maka suhu tubuh akan naik dan akan diimbangi dengan keluarnya keringat. Selain itu, jika ada bagian tubuh yang luka dan meradang, perhatikan pada sekeliling luka akan tampak berwarna merah karena adanya peningkatan konsentrasi darah di sekitar luka. Selain untuk mempercepat pemulihan/penyembuhan, darah yang ada juga untuk meredam panas yang diakibatkan oleh radang pada luka.

Air juga membantu untuk proses pencernaan dan juga metabolisme dalam tubuh dengan melakukan pembakaran lemak. Dengan air yang cukup, usus akan lebih mudah memproses makanan untuk dicerna dan diambil sari patinya. Oleh karenanya, waspadalah terhadap air yang dikonsumsi karena bila mengandung zat berbahaya maka akan lebih cepat diserap oleh tubuh, Nah cukup jelas  kan sahabat tentang manfaat dari air itu bagi kita dan yang perlu diingat kita tidak boleh sampai kekurangan cairan didalam tubuh ini karena dapat mengakibatkan dehidrasi dan kita juga tidak boleh terlalu berlebih – lebihan untuk mengkonsumsi air karena jika lebih juga tidak baik karena saran yang paling penting adalah seperti postingan saya diatas adalah 2 liter / hari dan menjamin anda tidak akan kekurangan cairan atau yang lebih sering dikenal dengan kata dehidrasi.

cukup sekian dulu ya postingan saya kali ini semoga bermanfaat buat anda yang memerlukan informasi ini.

Iklan

5 Tanggapan

  1. emang benar air sangat bermanfaat oleh tubuh kita.

  2. Tanda adanya kehidupan juga dilihat dari keberadaan air. Itulah sebab, jika ditemukan air pada planet selain bumi, maka dimungkinkan ada makhluk hidup disana. 🙂

  3. waah saya harus lebih banyak minum air nih
    kalau dihitung2 saya minum ga samapi 2 liter sehari
    makasih infonya ya 🙂

  4. Terbukti, untuk 1 sampai 2 hari manusia dapat hidup tanpa makan, tapi manusia tak dapat hidup tanpa air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: