FAKTOR YANG SANGAT MEMPENGARUHI KESUKSESAN BELAJAR

Pada pagi ini saya datang cepat – cepat dan lebih awal untuk mengupdate sebuah blog gratisan ini. dalam sebuah postingan saya pagi ini saya akan mengangkat suatu tema membahas tentang sebuah postingan yang yang akan saya beri judul “FAKTOR YANG SANGAT MEMPENGARUHI KESUKSESAN BELAJAR ” kita semua tahu bahwa istilah kata belajar itu tidak akan  pernah terlambat untuk kita selagi kita ada kemauan untuk memperlajari apa yang ingin kita pelajari,,,  lain halnya pula dengan Sekolah kalau bersekolah mesti bisa terlamabat mungkin karena faktor umur, fisik atau kesempatan untuk bersekolah.

Apa respon anda  ketika mendengar sebuah postingan saya pada kali ini “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN DALAM BELAJAR” jadi dapat saya katakan disini adalah bahwa untuk untuk mempelajari sesuatu itu tidak ada kata istilah terlambat untuk kita dapat mengerti dan memahami apa yang akan kita pelajari. Kita tentu akan sulit untuk mengerti dan memahami pelajaran yang akan kita pelajari kalau kita tidak menyenangi pelajaran tersebut. Jadi syarat yang utama agar kita mudah untuk mengerti pelajaran yang akan kita pelajari adalah kita harus menyenangi pelajaran tersebut dan kita juga harus tekun dalam mempelajarinya supaya anda sukses dalam belajar.

Ada  berbagai macam faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam belajar antara lain:

1. Lingkungan sekitar

2. Sarana belajar

3. Cara belajar

Lingkungan sekitar seperti :

. Orang tua

. Guru

. Teman

Walaupun tentu saja kecerdasan itu  sangat mempengaruhi kesuksesan dalam belajar, namun karena hal tersebut adanya di dalam dan bukan faktor luar maka hal itu tidak disertakan dalam faktor lingkungan sekitar.

Tentu saja peran orang tua dan guru atau dosen sangat penting dalam pendidikan , tetapi pertanyaannya adalah bagaimana mengembangkan sikap yang independen dan kreatif dalam proses belajar dan bukan hasil instan???. Dan satu faktor yang perlu diperhatikan adalah pergaulan dengan teman – teman kita juga yang akan berpengaruh terhadap prestasi belajar kita.

Sarana Belajar

  • Tersedianya Buku yang Berkualitas
  • Suasana Tempat Belajar
  • Alat Bantu: Komputer dan Koneksi Internet

Buku-buku yang berkualitas di rumah, di perpustakaan sekolah, atau di kampus turut berperan dalam perkembangan belajar kita terutama dalam pengembangan minat untuk membaca.

Satu hal yang cukup penting dalam proses belajar pada era teknologi ini adalah komputer dan koneksi internet. Begitu banyak informasi berkualitas yang gratis yang tersedia di internet yang dapat dimanfaatkan dalam perkembangan belajar.

Cara belajar

  • Belajar Sedikit Demi Sedikit
  • Hindari belajar kebut semalam

Satu ungkapan terkenal dari Bill Gates, pendiri Microsoft adalah “You do it bit by bit”. Dia mengungkapkan itu untuk menjelaskan proses pembuatan program komputer. Pembuatan program adalah proses yang memakan waktu yang panjang yang tidak bisa dilakukan seketika yang memerlukan energi besar dan pikiran yang mendalam untuk menyelesaikannya. Ungkapan itu bisa juga diterapkan dalam proses belajar. Pada umumnya murid-murid masih terbiasa dengan belajar pada saat-saat akhir, sehari sebelum ulangan. Tidak mengherankan bila prestasi belajarnya juga tidak terlalu baik.

Belajar sistem kebut semalam itu tidak efektif jadi hindari belajar kebut semalam agar kita dapat lebih mengerti dan memahami apa yang akan kita pelajari. Udah dulu ya postingan saya kali ini semoga tips dan triks ini bermanfaat buat kita.

4 Tanggapan

  1. mantff bisa bermanfaat buat orang bnyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: