JALAN TRANS UGANG SAYU – PALU REJO RUSAK BERAT

Sarana jalan umum seharusnya harus digunakan secara maksimal dan sarana jalan adalah aset daerah yang harus dijaga. lain halnya dengan apa yang terjadi di desa Ugang Sayu. Jalan yang semestinya menjadi jalan umum kini berubah fungsi oleh masyarakat karena masyarakat lebih senang untuk memakai jalan yang telah dibuat oleh perusahaan yang telah digunakan sebagai jalan umum. coba kita lihat gambar  jalan penghubung antara kedua desa ini.

Gambar ini saya ambil tadi pagi ketika saya mau pergi untuk melaksanakan praktek kerja di perusahaan. Sungguh sangat memperihatinkan jalan ini dapat anda lihat banyak jalan yang sudah berlubang – lubang . Jalan penghubung antara desa Ugang Sayu dan Palu rejo ini memang sudah lama mengalami kerusakan dan tahun  2008 sampai pada tahun 2011 jalan trans ini jarang sekali dilewati kendaraan kecuali kendaraan orang – orang yang melakukan aktifitas pagi menyadap karet.

Selama adanya tambang batu – bara yang beroperasi di desa Ugang Sayu dari tahun 2008 jalan trans Ugang Sayu – Palu Rejo ini ibarat jalan yang mati karena sudah jarang dilewati dan jalan pun semakin  menyempit selama beberapa tahun ini. Masyarakat seharusnya sadar akan fasilitas yang ada karena jalan ini merupakan aset daerah  tetapi selama beberapa tahun ini jalan ini memang menjadi jalan yang sunyi dan jarang sekali dilewati dan  kalau jalan trans ini mati total berarti aset daerah sulit untuk dibangkitkan kembali.

Coba kita lihat jalan diatas ini jalan yang semakin hari semakin kecil dan diperkirakan kalau tidak ada perbaikan selama 4 tahun lagi kemungkinan jalan ini menjadi seperti jalan rintisan saja,  mari bagi masyarakat sekitar supaya sadar akan aset daerah seperti sarana jalan ini untuk kita gunakan sebagai mana mestinya karena kalau jalan ini tidak dilewati maka jalan semakin tahun pun semakin  menyempit. Peran masyarakat sebagai pemakai jalan sangatlah penting untuk hal ini dan mari   mari kita mempergunakan jalan yang ada ini karena jalan ini merupakan aset daerah yang semestinya digunakan dengan baik. Masyarakat sekarang semakin hari semakin manja karena jalan perusahaan yang lebar dan lenggang untuk dilewati jauh lebih enak dari pada jalan utama buatan pemerintah ini.

Memang seperti ada tertulis dan tertera pada plang jalan oleh pihak perusahaan adalah jalan perusahaan itu sebenarnya tidak boleh dilewati oleh umum karena jika terjadi sesuatu dan lain hal seperti kecelakaaan oleh para anggota perusahaan seperti tabrakan dan lain sebagainya perusahaan tidak mau tau dan anda tetap dianggap bersalah karena orang yang bukan anggota dari perusahaan sebenarnya tidak boleh melewati jalan ini. dan ini merupakan beberapa foto gambar tentang foto – foto kecelakaan pada lokasi jalan pertambangan yang baru terjadi tadi malam.

Inilah foto potret kecelakaan yang terjadi di jalan tambang batu bara . Oleh karena hal – hal yang sering terjadi seperti ini pihak dari departemen safety dari perusahaan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jalan perusahaan ini sebagai jalan umum dan mereka juga menghimbau kepada para karyawan kantor maupun lapangan untuk menggunakan sarana dan prasarana perusahaan seperti angkutan bus khusus karyawan untuk mengangkut karyawan.

Lihatlah gambar ini dan dari gambar ini terbukti bahwa menggunakan jalan perusahaan sebagai jalan umum itu rawan bahaya karena setiap hari kendaraan besar seperti ini sering lewat dan membawa beban batu bara yang banyak dan rawan untuk terbalik oleh karena itu dari peristiwa ini mari kita membangkitkan dan mulai memakai dan menggerakan jalan Utama kita jalan trans Ugang Sayu – PaluRejo ini untuk kita pakai secara baik dan walau pun kondisi jalan yang seperti ini kita juga berharap di tahun – tahun yang akan datang pemerintah akan cepat menggarap jalan ini sehingga jalan ini dapat menjadi baik dan nyaman untuk dilewati. Oleh karena itu saya berharap dari pihak pemerintah daerah untuk memperhatikan jalan ini karena Jalan trans Ugang Sayu – Palu Rejo memang mengalami kerusakan yang cukup parah.Oleh karena itu saran dan krtikan anda terhadap postingan saya kali ini sungguh sangat saya tunggu – tunggu untuk kemajuan daerah kita . Silahkan kirim komentar anda di bawah ini.

4 Tanggapan

  1. Mungkin Kesadaran Masyarakat Kita Semua Belum Menyadari Akan Segala Perbuatannya.Jadi Saya Rasa Jalan Tersebut Harus Segera Di Perbaiki Dan Harus Siapakah Yang Lebih Dulu Bertindak, Apakah pamerintah setempat atau yang Lainnya ! Tetap Berkarya !

    • Memang benar bahwa jalan trans menuju palu rejo mengalami rusak yang mengerikan dan yang sangat memprihatinkan yakni masyarakat palu rejo- sekitarnya lebih mengutamakan jalan perusahaan…. melihat situasi tersebut, saya pribadi sebagai orang palu rejo merasa prihatin dengan keadaan desa palu rejo. hal yang menggelitik yakni apakah desa tersebut tidak diperhatiakn oleh pemerintah setempat, ataukah ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan keadaan untuk tidak memperhatikan desa serta lebih mengutamakan kepentingan pribadi?

      yang pastinya mereka tau dengan sadar tentang apa yang mereka lihat, hanya mereka berpura-pura tidak tahu tentang hal yang mereka ketahui…

      terimakasih telah menulis tentang trans PALU REJO

  2. Lanjut kan dan tuntaskan yon..mudahan bpak2 dan ibu2 mendngar..hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: