KEADAAN SEORANG PEROKOK BERAT

Tahukah anda apa yang dilakukan oleh sebagai perokok yang sudah ketagihan rokok, atau kita sebut dengan perokok berat. Menurut anda seberapa bahayakah rokok itu???Merokok sangat berbahaya dan merusak kesehatan. Asap rokok bertanggung jawab terhadap lebih dari 85% kanker paru-paru dan berhubungan dengan kanker mulut, faring, laring, aesofagus, lambung, pankreas, mulut, saluran kencing, ginjal, ureter, kandung kemih dan usus. Asap rokok dihubungkan dengan leukemia. Bagian dari aspek karsinogenik dari asap rokok, berhubungan terhadap peningkatan resiko penyakit kardiovaskuler (termasuk stroke), kematian tiba-tiba, tahanan jantung, penyakit pembuluh perifer dan aneurisme aorta. Tetapi beda halnya dengan seorang perokok berat yang mengatakan “Putus cinta sudah biasa habis rokok pusing kepala” kalau sebagian perokok yang anda pernah ketemu seperti itu mengatakannya sudah biasa tetapi yang lebih parah lagi jikalau seorang perokok mengatakan “Merokok Mati Tidak merokok mati lebih baik merokok sampai mati”

Beginilah perkataan seorang perokok berat yang sudah tidak pernah lepas dengan rokok. Beruntung saya bukanlah seorang perokok. Merokok  memang tidak secara langsung akibatnya tetapi dampaknya akan berlangsung dalam hitungan beberapa tahun.

Sebagai seorang mahasiswa saya sadar akan bahaya rokok ini dikemudian hari. Rokok itu sebenarnya tidak penting karena hanya dapat merugikan diri sendiri dan menyebabkan “Karing” alias kantong kering . Kantong anda bisa kering akibat dari rokok ini apalagi kalau anda sebagai seorang mahasiswa yang masih  mengharapakan dan yang masih bergantung kepada orang tua anda. Lebih baik dari sekarang “STOP ROKOK” dan mari belajar hidup sehat dari sekarang karena merokok tidak ada gunanya hanya untuk kenikmatan sesaat saja dan membawa penyakit. Tetapi nampaknya bagi seorang perokok berat tidak mau mengindahkan kata-kata itu karena mereka beranggapan  “Merokok mati tidak merokok mati lebih baik merokok sampai mati”. Tetapi yang menjadi permasalahan disini adalah bukanlah dari mati atau tidaknya kita tetapi dampak dari pada merokok itu banyak sekali.

dampak-dampak dari pada seorang perokok itu antara lain bisa berdampak kepada emosi yang tidak stabil, katong kering, penyakit. Seorang perokok berat apabila tidak mengisap rokok selama satu hari mungkin sangat berdampak kepada emosinya yang tidak stabil dan akibatnya dapat mengakibatkan pusing kepala dan mungkin bisa saja marah-marah tanpa sebab yang jelas dan akibat dari itu uang yang seharusnya bukan untuk ongkos rokok itu dipakai untuk membeli rokok. Selain itu dampak yang kedua adalah kantong kering karena udah terbiasa setiap waktu untuk mengisap rokok dan lama kelamaan maka akan timbul masalah kesehatan. Oleh karena itu rokok itu tidak penting karena dapat merusak kestabilan emosi, kantong kering,dan dapat mengganggu kesehatan.

Seorang perokok berat mungkin susah untuk menghentikan kebiasaaannya tetapi jika ada niat dari seorang perokok untuk berhenti merokok mungkin dapat berhenti. Tetapi tidak semudah yang dibayangkan dan harus perlu latihan-latihan dan sangat susah untuk berhenti secara instant. Latihan-latihan tersebut harus dilakukan setiap hari dan terus menerus tanpa berhenti. Salah satu contoh latihanya adalah dengan menggantikan rokok itu dengan permen dan mengurangi dan membatasi untuk mengisap rokok dari hari ke hari sampai benar-benar berhenti dari merokok. Sekali lagi yang penting untuk diingat merokok itu adalah kebiasaan yang tidak baik.

Apakah anda seorang perokok???

Maukah anda berhenti merokok???

 

 

 

 


6 Tanggapan

  1. Aku tidak merokok hanya gara-gara menganggur selama satu tahun. Tidak ada pilihan, sebab memang tidak ada uang. Saya tidak butuh latihan untuk berhenti merokok.

    Yang mengherankan saya teman-teman dengan gaji sangat minim seperti para sopir yang terus merokok. Saya yang tidak merokok tidak merasa lebih walau tak ikut buang uang dengan merokok. Sama-sama hidup pas-pasan…

  2. wah kepingin berhenti selalu ada gangguan, terutama dari diri sendiri

  3. wah saya seorang perokok.. kalo mau berhenti ngrokok susah bnget

  4. lw semuanya berebti merokok perusahaan rokok akan bangkrut,, ap yg akan terjadi dengan orng yg beribu ribu yg tdak kerja,, ap pemerintah at anda yg mw menanggungnya..
    orang yg bekerja di perusahaan rokok dan yg meroko adlah pahlawan, krna merka berkorban kesehatannya untuk orng lain…

  5. untungnya saya bukan seorang peroko berat !
    terus kenanap roko itu di adakan kalau roko itu berbahaya ? kenapa tidak di musnahkan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: